Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester dan Penilaian Akhir Semester di MTs Falahiyah Tanjungrejo Singgahan

Tanjungrejo, Asesmen sumatif akhir semester (ASAS) dan penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh sekolah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester. ASAS dan PAS bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi, keterampilan, dan sikap siswa terhadap mata pelajaran yang telah dipelajari selama satu semester.

ASAS untuk kelas 7 & PAS untuk kelas 8 dan 9 dilaksanakan pada tanggal 29 November - 9 Desember 2023. menggunakan sistem offline dengan menggunakan kertas dan pensil. Siswa harus datang ke sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Siswa diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan soal ASAS & PAS setiap mata pelajaran. Siswa harus menulis jawaban di lembar jawaban yang telah disediakan oleh guru. Siswa tidak diperbolehkan membuka buku, catatan, atau sumber lain selama mengerjakan ASAS & PAS. Siswa juga tidak diperbolehkan bekerja sama atau mencontek jawaban dari teman atau orang lain. Siswa harus jujur dan bertanggung jawab atas hasil ASAS &  PAS yang diperoleh.

Syarat untuk mengijuti ASAS dan PAS adalah siswa harus LUNAS seluruh administrasi pada semester Ganjil Tahun 2023-2024

Sanksi bagi Siswa yang Melanggar Aturan

Siswa yang melanggar aturan ASAS atau PAS akan mendapatkan sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan. Sanksi yang dapat diberikan oleh sekolah antara lain:

- Peringatan lisan atau tertulis

- Pengurangan nilai ASAS atau PAS

- Pengulangan ASAS atau PAS

- Tidak lulus ASAS atau PAS

- Tidak naik kelas atau tidak lulus sekolah

Sekolah berhak untuk menentukan sanksi yang sesuai dengan bukti dan keterangan yang ada. Sekolah juga berhak untuk melaporkan siswa yang melanggar aturan ASAS atau PAS kepada orang tua atau wali siswa.

Harapan bagi Siswa

Sekolah berharap agar siswa dapat mengikuti ASAS dan PAS dengan baik dan lancar. Sekolah juga berharap agar siswa dapat menunjukkan hasil yang terbaik sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Sekolah mengucapkan selamat mengerjakan ASAS dan PAS kepada seluruh siswa MTs Falahiyah Tanjungrejo Singgahan. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan, keberkahan, dan keberhasilan kepada kita semua. Aamiin. (Ajibs_151)