MTs Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban Mengikuti Bimtek di Surabaya

MTs Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban adalah salah satu madrasah tsanawiyah yang berada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Madrasah ini memiliki misi untuk membentuk siswa yang beriman, berilmu, berakhlak mulia, dan berprestasi. Untuk mencapai misi tersebut, Mts Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban senantiasa berusaha meningkatkan mutu pendidikan dan manajemen keuangan.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Mts Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban adalah dengan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kepala madrasah dan bendahara madrasah dalam hal administrasi, akuntansi, dan pelaporan keuangan.


Bimtek ini diadakan pada tanggal 13-15 November 2023 di Hotel Whiz Luxe Surabaya. Peserta bimtek ini berjumlah 200 orang yang terdiri dari 100 kepala madrasah dan 100 bendahara madrasah dari berbagai daerah di Jawa Timur Indonesia. Mts Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban mengirimkan dua perwakilannya, yaitu **Kepala Madrasah bapak Wijiyanto, S.Pd** dan **Bendahara Madrasah Bapak Muhammad Najib, S.Pd**.

Selama mengikuti bimtek, para peserta mendapatkan materi dan praktik tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan madrasah, seperti:

- Materi 1: Tutorial Penggunaan Aplikasi PMP-

 Materi 2: Penjelasan Juknis BKBA Tahun Anggaran 2023 

- Materi 3: EDM ERKAM dalam BKBA oleh Konsultan EDM ERKAM, M. Farman Izhar

- Materi 4: Tutorial Aplikasi ERKAM Versi 2 oleh Scrum Team PMU (17 menit)

- Materi 5: Panduan Konstruksi oleh Konsultan Konstruksi, Adriana Widiyanti

- Materi 6: Panduan Safeguard oleh Konsultan Safeguard, Andika Permana

- Materi 7: Panduan Pengadaan BKBA oleh Konsultan Pengadaan, Salam Hudoyono

- Materi 8: Panduan Pelaporan Keuangan oleh Konsultan Keuangan, Ahmad Badar

- Materi 9: Tutorial Aplikasi Pelaporan BKBA oleh Scrum Team PMU

- Materi 10: Panduan Pengembangan Kapasitas Guru Madrasah oleh Konsultan BKBA, Muslich

- Materi 11: Monitoring dan Evaluasi BKBA oleh Konsultan Monev, Laode Rahman

Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan para narasumber dan peserta lainnya. Selain itu, para peserta juga mendapatkan sertifikat dan souvenir sebagai bukti dan kenang-kenangan atas keikutsertaan mereka dalam bimtek.

Dengan mengikuti bimtek ini, diharapkan para kepala madrasah dan bendahara madrasah dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka dalam mengelola keuangan madrasah. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan madrasah, sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan prestasi madrasah.