Kepala Sekolah dan Bendahara MI Falahiyah Ikuti Bimtek BKBA di Surabaya

Kepala Sekolah MI Falahiyah, Ahmad Kharis, S. Pd dan bendahara madrasah, Moh. Ridlwan, S. Sos mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi (BKBA) di Hotel Swiss Surabaya, 6-8 November 2023. Bimtek ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

BKBA adalah bantuan yang diberikan kepada madrasah yang telah mengikuti bimtek penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM). Tujuan dari bantuan ini adalah untuk memberikan penghargaan atas capaian kinerja madrasah dan membangun iklim yang kondusif bagi kompetensi untuk peningkatan kualitas madrasah.


Kepala Sekolah MI Falahiyah, Ahmad Kharis, S. Pd mengatakan bahwa bimtek ini sangat bermanfaat bagi madrasahnya. "Kami mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pengelolaan BKBA, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan. Kami juga mendapatkan bimbingan dari asesor yang berkompeten dan berpengalaman," ujarnya.

Bendahara madrasah, Moh. Ridlwan, S. Sos menambahkan bahwa bimtek ini juga memberikan motivasi bagi madrasahnya untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas. "Dengan adanya BKBA, kami merasa diapresiasi dan didorong untuk berinovasi dan berkreativitas dalam mengembangkan madrasah. Kami berharap BKBA ini bisa berlanjut dan bermanfaat bagi madrasah lainnya," katanya.

Bimtek BKBA ini diikuti oleh 107 madrasah dari provinsi Jawa Timur. Selain mendapatkan materi dan bimbingan, peserta bimtek juga berkesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan madrasah lainnya. Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kemandirian madrasah dalam mengelola BKBA secara efektif dan akuntabel.