Beberapa Problem Penulisan Huruf Arab Menggunakan Komputer

Ada beberapa problem dalam penulisan Huruf Arab menggunakan komputer yang sebagian ada yang bisa diatasi dan sebagian lagi belum bisa diatasi. Berikut beberapa problem yang sempat penyusun catat dalam otak penyusun.

I. Dukungan dari Text Editor untuk Penulisan Huruf Arab

Beberapa text editor ternyata tidak memiliki dukungan untuk penulisan Huruf Arab, ada yang secara total ada yang sebagian saja. Berikut beberapa contoh text editor yang tidak tidak memiliki dukungan untuk penulisan Huruf Arab:
  1. Adobe Dreamweaver
    Software ini berguna untuk membuat atau mengedit file-file yang berkaitan dengan pembuatan website. Software ini memiliki dukungan untuk penulisan Huruf Arab namun tidak sempurna. Kelemahannya adalah tidak memiliki dukungan penulisan dari arah kanan ke kiri (RTL/right-to-left direction). Penyusun sendiri akhirnya lari ke Microsoft Visual Web Developer 2008 Express Edition sebagai penggantinya.
  2. Adobe Photoshop dan Adobe Flash
    Kedua software tersebut sama sekali tidak mendukung penulisan Huruf Arab. Bila kita memaksakan diri untuk menulis Huruf Arab dalam text editor yang ada dalam kedua software tersebut hasilnya adalah Huruf Arab yang terputus-putus seperti tulisannya orang baru belajar menulis Huruf Arab. Sayang penyusun belum menemukan penggantinya.
  3. Corel Draw dan Corel PHOTO-PAINT
    Kedua software tersebut mendukung penulisan Huruf Arab dan penulisan dari arah kanan ke kiri (RTL/right-to-left direction). Namun banyak Font Arab yang bila diharakati akan ditampilkan dengan cara yang kacau balau seperti anak yang baru belajar menulis Huruf Arab. Sayang penyusun belum menemukan penggantinya.
  4. Text editor bawaan CMS (Content Management System), seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya. CMS tersebut menyediakan text editor yang tidak menyediakan fasilitas pemilihan Font Arab dan penulisan dari arah kanan ke kiri (RTL/right-to-left direction). Solusinya dengan menginstall plugin/module CKEditor ke dalam CMS tersebut dan melakukan sedikit perubahan pada setting CKEditor yaitu pada file ckeditor.js dan config.js sesuai CMS yang dipergunakan. Namun sayang CKEditor tidak menghasilkan kode HTML yang sempurna untuk penulisan Huruf Arab dan juga memberatkan CMS dipergunakan sehingga penyusun terpaksa lari ke Microsoft Visual Web Developer 2008 Express Edition untuk menuliskan tulisan-tulisan penyusun yang memuat Huruf Arab lalu melakukan copy-paste kode HTML ke text editor bawaan CMS yang penyusun pergunakan.
  5. dan masih banyak lagi.
Semoga suatu saat nanti pembuat software-software tersebut berbaik hati untuk menambahkan dukungan penulisan Huruf Arab yang sempurna.

II. Angka Arab

Angka Arab ternyata tidak dapat ditampilkan di hampir semua browser internet, dari Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan sebagainya. Untungnya kebanyakan browser internet dapat menampilkan Huruf Arab sesuai setting yang dipergunakan ketika membuat file HTML atau PHP. Berikut contohnya:
وُلِدۡتُ فِى التَّارِيۡخِ 8 مِنۡ شَهۡرِ أَبۡرِيۡلۡ سَنَةَ 1979 م
Oleh karena itu, mohon dimaklumi bila banyak Angka Arab (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 disetting menggunakan Font Arab dan RLT direction) yang ditampilkan  menjadi angka biasa (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9) dalam tulisan-tulisan penyusun di Catatan Belajarku ini. Penyusun telah mensetting menjadi Angka Arab namun memang browser internetnya yang belum belajar membaca Angka Arab.

III. Font Arab yang Tidak Menyediakan Seluruh Huruf Arab

Font Arab jumlahnya sangat banyak, namun yang menyediakan seluruh Huruf Arab standar yang dibutuhkan sangatlah sedikit. Ada juga Font Arab yang menyediakan hampir seluruh Huruf Arab standar yang dibutuhkan namun peletakannya tidak proporsional.
Berikut beberapa karakter dalam Huruf Arab yang jarang tersedia dalam kebanyakan Font Arab atau tersedia namun peletakannya tidak proporsional:
  1. Fathah berdiri atau dalam beberapa situs (lihat di sini) ada yang menyebutnya Dagger Alif/Al-Alif Al-Khanjariyah (الۡأَلِفُ الۡخَنۡجَرِيَّةُ).
  2. Sukun dengan bentuk yang sesuai dengan kaidah dalam 'Ilmu Al-Khathth (baca tulisan penyusun berjudul Font Arab dalam Catatan Belajarku).
  3. Dan sebagainya. Selengkapnya dapat dibaca pada tutorial yang dapat didownload dengan link sebagaimana tercantum di bagian bawah tulisan ini.
Berita yang agak menggembirakan adalah, ternyata Microsoft Windows Vista dan Microsoft Windows Seven secara automatis menyediakan dua Font Arab yang menyediakan hampir seluruh karakter dalam Huruf Arab standar dan meletakkannya dengan proporsional. Dua Font Arab tersebut adalah Sakkal Majalla dan Arabic Typesetting. Bagaimana bagi pengguna Microsoft Windows XP? Baca baca tulisan penyusun berjudul Font Arab dalam Catatan Belajarku).
إِنۡ شَآءَ اللهُ, penyusun akan membahas berbagai Font Arab yang bertype naskhy dalam kategori khusus beserta cara mendapatkannya. Mohon doanya dari pembaca semoga Allah memberi penyusun cukup umur, kekuatan, kesehatan dan biaya untuk melaksanakannya. 

IV. Ketersediaan Tombol dalam Arabic Keyboard Layout Bawaan Operasi Sistem

Bila kita melihat tabel atau gambar letak Huruf Arab dalam Arabic Keyboard bawaan Operasi Sistem Microsoft Windows (lihat tulisan penyusun berjudul Mengenal Arabic Keyboard Layout) ternyata dua karakter dalam Huruf Arab yang penyusun sebutkan di atas tidak tersedia tombolnya. Ada beberapa cara untuk mengatasinya:
  1. Khusus software dalam keluarga Microsoft Office, karakter-karakter dalam Huruf Arab yang tidak tersedia tombolnya pada Arabic Keyboard Layout dapat dituliskan dengan menggunakan fasilitas Insert-Symbol. Agar lebih memudahkan lagi, setelah karakter yang akan ditulis ditemukan dalam Symbol, buat Shortcut Key untuk masing-masing karakter yang dibutuhkan.
  2. Untuk software-software yang tidak menyediakan fasilitas untuk memasukkan symbol, maka satu-satunya cara adalah dengan mengubah atau membuat Arabic Keyboard Layout sendiri yang memuat karakter-karakter yang dibutuhkan.
Cara kedua ini adalah yang penyusun pergunakan. Bagaimana langkah-langkahnya? Silahkan baca tutorial Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer selanjutnya berjudul Memodifikasi Arabic Keyboard Layout. Baca juga tutorial-tutorial sebelumnya di Catatan Belajarku (lihat Site Map).
Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan Saudara.