Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer Berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows XP

Agar komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows XP dapat dipergunakan untuk menulis Huruf Arab, ada beberapa langkah yang harus ditempuh sebagai berikut:

I. Install "complex script and right-to-left language files".

Complex script and right-to-left languages mencakup bahasa Arab, Armenian, Georgian, Hebrew, bahasa-bahasa India, Thai dan Vietnam. File-file untuk bahasa-bahasa tersebut tidak secara automatis terinstall saat menginstall Microsoft Windows XP. Oleh karena itu, agar dapat menulis Huruf Arab dengan komputer berbasis Microsoft Windows XP, file-file tersebut harus diinstall terlebih dahulu. 
Berikut langkah-langkah installasi file-file Complex script and right-to-left languages. Perlu diingat, CD Microsoft Windows XP harus disiapkan dan dimasukkan ke dalam CD/DVD room komputer atau laptop sebelum melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Regional and Language Options melalui Start Menu:
    1. Melalui Control Panel:
      1. Buka Control Panel melalui Start Menu:
        • Bila Start Menu disetting dengan XP Style: Klik Start Menu lalu Klik Control Panel
        • Bila Start Menu disetting dengan Classic Style : Klik Start Menu, Settings, lalu Klik Control Panel.
      2. Pada Control Panel buka Date, Time, Language and Regional Options.
      3. Pada Date, Time, Language and Regional Options, buka Regional and Language Options
    2. Melalui Run:
      1. Klik Start Menu lalu klik Run.
      2. Tulis intl.cpl lalu tekan Enter atau klik OK.
  2. Setelah Regional and Language Options terbuka, klik tab Languages.
  3. Di bawah Supplemental language support pilih check box Install files for complex script and right-to-left languages.
  4. Klik OK atau Apply.
  5. Restart komputer/laptop.

II. Tambahkan "Arabic Keyboard Layout"

Setelah langkah I selesai, langkah selanjutnya adalah menambahkan Arabic Keyboard Layout dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buka Regional and Language Options melalui Start Menu seperti pada langkah I.1. di atas.
  2. Klik tab Languages.
  3. Di bawab Text services and input languages, klik Details.
  4. Setelah Text services and input languages terbuka, pada tab Settings di bawah Installed Services klik Add….
  5. Setelah Add Input Language terbuka, di bawah Input Language klik tanda panah dan pilih Arabic (Saudi Arabia).
  6. Pilih  check box Keyboard Layout/IME, lalu pilih Arabic (101).
  7. Klik OK. Setelah kembali ke Text services and input languages,klik tab Advanced. Lalu di bawah Compatibility Configuration, pilih check box Extend support of Advanced text sercices to all programs.
  8. Klik Apply lalu OK. Bila terdapat pilihan restart, pilih restart (klik Yes).
Setelah proses restart selesai, pada taskbar akan muncul Language Bar yang bila di klik akan muncul pilihan Layout Keyboard sesuai yang telah ditambahkan. Untuk Arabic Keyboard Layout simbolnya adalah AR.
Arabic Keyboard Layout yang telah ditambahkan di atas adalah yang disediakan oleh Microsoft Windows XP yang ternyata ada beberapa karakter dalam Huruf Arab yang diperlukan yang tidak tersedia tombol-tombolnya. Untuk mengatasinya, silahkan baca tulisan selanjutnya berjudul Memodifikasi Arabic Keyboard Layout.

III. Menampilkan non-Unicode Programs dalam Bahasa Arab

Langkah selanjutnya yang sering dilalaikan dan dianggap tidak penting adalah mensetting agar program-program ber-Bahasa Arab, seperti Al-Maktabah Al-Syamilah, Maktabah  Al-Syaikh Al-Albany, dan sebagainya, dapat ditampilkan dengan sempurna.
Berikut langkah-langkah yang wajib dilakukan:
  1. Buka Regional and Language Options melalui Start Menu seperti pada langkah I.1. di atas.
  2. Setelah Regional and Language Options terbuka, klik tab Advanced.
  3. Di bawah Language for non-Unicode programs, klik versi bahasa untuk non-Unicode programs yang akan dipergunakan. Dalam hal ini adalah Arabic (Saudi Arabia).
  4. Klik Apply lalu OK.
  5. Restart komputer atau Laptop.
Langkah ketiga ini mutlak dilakukan bagi Anda yang ingin mempergunakan program-program ber-Bahasa Arab dengan tampilan yang sempurna. Bila tidak, huruf-huruf Arab pada program-program tersebut akan berubah menjadi karakter-karakter yang tidak dapat dibaca sama sekali.
Resiko langkah ketiga ini, bila Anda menginstall program-program tertentu setelah langkah ketiga ini dilakukan kadang seluruh tampilannya menjadi ber-Bahasa Arab. Bahkan ada sebagian program yang tidak dapat dirubah tampilannya ke selain Bahasa Arab, contohnya berdasarkan pengalaman penyusun program-program bawaan beberapa jenis printer, driver VGA, dan sebagainya. Solusinya, kembalikan terlebih dahulu versi bahasa untuk non-Unicode programs ke bahasa Inggris kemudian install program-program tersebut. Setelah selesai kembalikan lagi versi bahasa untuk non-Unicode programs ke Arabic (Saudi Arabia) agar program-program ber-Bahasa Arab dapat ditampilkan dengan sempurna kembali.
Sekian dan untuk pengguna Microsoft Windows Vista dan Microsoft Windows Seven baca tulisan selanjutnya berjudul Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer Berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows Vista dan Microsoft Windows Seven.

Download Tutorial

Tutorial Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer Berbasis Sistem Operasi Microsoft XP yang lebih lengkap dapat didownload di sini.