Mengubah Mode Penulisan Keyboard

Sebagaimana diketahui, setelah Arabic Keyboard Layout (atau yang lainnya) terinstall dalam komputer maka pada taskbar atau kadang desktop akan muncul Language Bar (Lihat tutorial installasinya di sini bagi pengguna Microsoft Windows XP dan di sini untuk pengguna Microsoft Windows Vista dan Microsoft Windows Seven).
Language Bar berfungsi mengubah mode penulisan keyboard, yaitu dengan cara mengklik Language Bar lalu pilih bahasa yang akan dipergunakan sebagai mode penulisan keyboard.
Ada cara lain untuk mengubah mode penulisan keyboard, yaitu menggunakan keyboard shortcut yang telah disediakan oleh Language Bar itu sendiri atau juga dapat diubah sesuai yang diinginkan.
Keyboard shortcut default yang berfungsi untuk mengubah mode penulisan keyboard adalah:
  1. Untuk merubah mode penulisan keyboard tanpa merubah arah penulisan.
  2. Tekan Alt+Shift (kanan dan kiri sama).
  3. Untuk merubah mode penulisan keyboard sekaligus merubah arah penulisan.
  4. Tekan Ctrl+Shift (pada keyboard sebelah kiri untuk merubah mode dan arah penulisan dari kiri kanan/left-to-right(LTR) direction).
    Tekan Ctrl+Shift (pada keyboard sebelah kanan untuk merubah mode dan arah penulisan dari kanan ke kiri/right-to-left(RTL) direction).
Perlu dicatat, masalah arah penulisan dari arah kanan ke kiri (RTL/right-to-left direction) hanya dapat berfungsi bila text editor yang digunakan memiliki fasilitas penulisan dengan arah tersebut. Sebagai contoh, Adobe Dreamweaver memiliki dukungan untuk menulis Huruf Arab namun ironisnya tidak memiliki dukungan untuk penulisan dari arah kanan ke kiri. Bahkan ada yang sama sekali tidak mendukung penulisan Huruf Arab, sebagai contoh: Adobe Flash dan Adobe Photoshop.
Untuk software-software dalam keluarga Microsoft Office, Anda harus mengubah beberapa setting agar keyboard shortcut nomor dua berjalan. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka terlebih dahulu salah satu software dalam keluarga Microsoft Office, misalnya Microsoft Office Word.
  2. Klik Office Button (Microsoft Office 2007) atau File (Microsoft Office 2010).
  3. Klik Option.
  4. Klik Advanced.
  5. Pada bagian Editing Option, cari dan pilih Automatically switch keyboard to match language of surrounding text.
  6. Klik OK.
Dengan melakukan setting di atas pada salah satu software dalam keluarga Microsoft Office, maka setting tersebut berlaku untuk seluruh software dalam keluarga Microsoft Office. Sehingga langkah di atas hanya cukup dilakukan sekali saja.

Mengubah Keyboard Shortcut Language Bar

Bila keyboard layout yang diinstall banyak, tentunya akan agak mereportkan dalam menggunakan keyboard shortcut language bar. Kita harus menekan berkali-kali hingga mode penulisan keyboard sesuai dengan yang diinginkan.
Untuk memudahkan hal tersebut, kita dapat mengubah keyboard shortcut language bar sehingga masing-masing bahasa memiliki keyboard shorcut tersendiri. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik kanan Language Bar.
  2. Klik Settings….
  3. Klik Key Settings….
  4. Pada bagian Hot keys for input languages, pilih bahasa yang akan dibuatkan keyboard shortcutnya.
  5. Setelah memilih bahasa yang akan dibuatkan keyboard shortcutnya, klik Change Key Sequence….
  6. Pada bagian Switch to Indonesia-US (sesuai bahasa yang dipilih), pilih pada check box Enable Key Sequence.
  7. Pilih kombinasi tombol yang akan dipergunakan, misalnya CTRL+SHIFT+0 (atau pilih angka lain dengan mengklik tanda panah).
  8. Mengubah Key Sequence Melalui Advanced Key Settings
    Mengubah Key Sequence Melalui Advanced Key Settings
  9. Klik OK pada tiga jendela yang telah dibuka hingga selesai.
Sekarang kita dapat mempergunakan kombinasi CTRL+SHIFT+0 untuk mengubah mode penulisan keyboard ke keyboard layout Indonesian-US.
Sekian semoga bermanfaat dan baca tutorial Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer selanjutnya berjudul Beberapa Problem Penulisan Huruf Arab. Baca juga tutorial-tutorial sebelumnya di Catatan Belajarku (lihat Site Map). Terimakasih atas kunjungan Saudara.