Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer Bagian Pertama: Muqaddimah dan Daftar Isi

Menulis Huruf Arab menggunakan komputer merupakan salah keterampilan yang selayaknya dikuasai oleh ummat Islam di era teknologi ini. Terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang ilmu-ilmu ke-Islam-an dan dakwah Islamiyah.
Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan Huruf Arab harus dipertahankan terutama dalam pengutipan sumber-sumber ajaran Islam:
  1. Sebaik apapun translasi dari bahasa sumber ke bahasa sasaran tidak dapat mewakili seratus persen makna yang dicakup oleh bahasa sumbernya.
  2. Sebaik apapun transliterasi dari satu huruf asli ke huruf sasaran tidak dapat mewakili seratus persen bunyi yang ditunjukkan oleh huruf aslinya.
Karena Islam sangatlah memperhatikan keaslian sumber-sumber ajaran-ajarannya, maka salah satu etika dalam pengutipan sumber-sumber ajaran Islam adalah dengan mengutip dengan bahasa aslinya yaitu Bahasa Arab baru kemudian disusul dengan terjemahannya. Karena huruf asli dari Bahasa Arab adalah Huruf Arab, maka kutipan dengan Bahasa Arab pun harus dituliskan dengan Bahasa Arab baru kemudian bila diperlukan baru diikuti dengan transliterasi dengan huruf yang dibutuhkan.
Dengan cara tersebut, bila terjadi kesalahan atau ketidaksempurnaan dalam bahasa terjemahan maupun dalam tulisan hasil transliterasi, pembaca yang menguasai bahasa aslinya dapat mengetahuinya dan melakukan perbaikan. Sehingga keaslian dan keutuhan cakupan makna yang terkandung dalam bahasa asli ajaran Islam dapat terjaga.
Namun demikian, sungguh sangat disayangkan di era yang di dalamnya terdapat alat berupa komputer, laptop dan semacamnya yang sangat memudahkan dalam menulis Huruf Arab, keterampilan untuk menggunakannya untuk tujuan tersebut masih kurang mendapat perhatian. Sangat jarang bahkan mungkin belum ada lembaga pendidikan yang mengajarkan keterampilan tersebut. Sehingga sangatlah wajar bila jarang yang menguasainya. Bahkan lebih ironis lagi ternyata ada yang enggan sekedar mempelajari keterampilan ini dengan berbagai alasan.
Tulisan ini secara singkat akan memaparkan hal-hal dasar yang diperlukan untuk menulis dan membaca Huruf Arab dengan komputer dengan operasi sistem yang dipergunakan Microsoft Windows XP dan Microsoft Windows Vista atau Microsoft Windows Seven. Untuk operasi sistem lainnya belum dibahas karena keterbatasan sarana yang penyusun miliki untuk mempelajarinya. Semoga dalam waktu dekat penyusun dapat memiliki sarana untuk mempelajarinya, yaitu komputer untuk percobaan dan master linux dengan berbagai jenisnya. إِنۡ شَآءَ اللهُ bila penyusun sudah memiliki sarana untuk mempelajarinya penyusun akan segera menyusun tutorialnya.
Meskipun tulisan senada sudah banyak beredar di dunia internet, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya dan cenderung kurang lengkap. Tulisan ini berusaha melengkapi tulisan-tulisan yang sudah ada sebelumnya meskipun tentunya berbagai kekurangan sulit dihindari. Harapan penyusun dengan adanya tulisan-tulisan ini semakin banyak yang mengetahuinya kemudian berminat mempelajarinya dan menjadikannya sebagai sarana dakwah Islamiyah.
Untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari tutorial ini, penyusun membaginya dalam beberapa tulisan yang sebagian besar juga masih dibagi menjadi beberapa bagian. Berikut bagian-bagian utama dalam tutorial ini:
Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat. Saran dan kritik yang membangun sangatlah penyusun harapkan sehingga penyusun dapat menyempurnakan tulisan ini di masa-masa yang akan datang.