Memodifikasi Arabic Keyboard Layout

Sebagaimana telah disebutkan dalam tutorial sebelumnya berjudul Beberapa Problem Penulisan Huruf Arab ternyata ada beberapa karakter penting dalam Huruf Arab dasar yang tidak ada tombolnya dalam Arabic Keyboard Layout bawaan Microsoft Windows dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan memodifikasi atau membuat Arabic Keyboard Layout sendiri. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari cara memodifikasi Arabic Keyboard Layout yang sudah ada dengan contoh karakter yang akan dimasukkan fathah berdiri (baca keterangannya di sini) dan sukun dengan bentuk yang sesuai dengan kaidah 'Ilmu Al-Khathth (baca Font Arab dalam Catatan Belajarku) dan juga dengan Font Arab yang dipergunakan adalah Arabic Typesetting atau Sakkal Majalla (baca Font Arab dalam Catatan Belajarku).

Software yang Dipergunakan dan Cara Menginstallnya

Software yang dipergunakan untuk memodifikasi Arabic Keyboard Layout dalam tutorial ini adalah The Microsoft Keyboard Layout Creator Version 1.4 (selanjutnya ditulis MSKLC 1.4). Software ini diproduksi oleh Microsoft Corporation dan bersifat freeware. Software ini berguna untuk membuat dan memodifikasi keyboard layout sesuai dengan keinginan kita sendiri dan hasilnya dapat dieksport menjadi satu paket file installer sehingga cukup sekali membuat dan hasilnya dapat dipergunakan di berbagai komputer berbasis operasi sistem Microsoft Windows.
Software ini dapat dijalankan di komputer dengan operasi sistem Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, atau Windows 7. (MSKLC 1.4 tidak dapat dijalankan pada operasi sistem Windows 95, Windows 98, Windows ME, atau Windows NT 4. Gunakan MSKLC 1.3 bila Anda masih menggunakan operasi sistem tersebut.). Sayangnya, software ini hanya dapat berjalan di sistem dengan platform 32-bit (x86). Namun hasilnya dapat dijalankan dalam sistem dengan platform x86, x64, and IA64 (baca keterangannya di halaman download berikut).
Agar dapat mempergunakannya, download dan install software ini beserta pendukung-pendukungnya. Langkah-langkahnya, sebagai berikut:
  1. Bila Microsoft .NET Framework v2.0, download installernya di sini dan install terlebih dahulu.
  2. Download MSKLC 1.4 di sini. Hasil download file bernama MSKLC.exe.
  3. Install MSKLC 1.4 dengan men-double click MSKLC.exe.
  4. Ikuti instruksi dalam proses installasi hingga selesai.
Setelah installasi selesai, MSKLC 1.4 dapat dijalankan melalui Start Menu -> All Programs ->Microsoft Keyboard Layout Creator 1.4. Berikut tampilan MSKLC 1.4 saat dijalankan:
The Microsoft Keyboard Layout Creator Version 1.4
The Microsoft Keyboard Layout Creator Version 1.4 : layout masih kosong

Langkah-Langkah Modifikasi Arabic Keyboard Layout

  1. Jalankan MSKLC 1.4 melalui Start Menu -> All Programs ->Microsoft Keyboard Layout Creator 1.4.
  2. Buka Arabic Keyboard Layout yang akan dimodifikasi, sebagai contoh Arabic (101), melalui File -> Load Existing Keyboard… -> Arabic (101). Klik OK setelah selesai memilih.
  3. The Microsoft Keyboard Layout Creator Version 1.4 : Arabic (101) default
    The Microsoft Keyboard Layout Creator Version 1.4 : Arabic (101) default
  4. Ubah setting font yang dipergunakan menjadi Arabic Typesetting atau Sakkal Majalla dan perbesar ukurannya sesuai yang dikehendaki melalui View -> Font. Setelah itu perbesar tampilan MSKLC agar huruf-hurufnya terlihat secara keseluruhan.
  5. The Microsoft Keyboard Layout Creator Version 1.4: Arabic (101) default dengan font Arabic Typesetting
    The Microsoft Keyboard Layout Creator Version 1.4: Arabic (101) default dengan font Arabic Typesetting
  6. Tulis karakter-karakter yang dibutuhkan yang tidak ada tombolnya dalam Arabic Keyboard Layout bawaan Microsoft Windows misalnya di Microsoft Office menggunakan fasilitas Insert -> Symbol -> More Symbols…. Catat juga kode Unicode-nya. Berikut contoh catatan yang penyusun buat dengan berbagai Font Arab:
  7. Karakter penting yang tidak ada tombolnya dalam Arabic (101)
    Karakter penting yang tidak ada tombolnya dalam Arabic (101)
  8. Identifikasi dan catat karakter-karakter yang ada dalam Arabic (101) bawaan Microsoft Windows. Berikut contoh hasil identifikasi yang penyusun buat lengkap dengan karakter penggantinya:
  9. Karakter penting yang ada tombolnya dalam Arabic (101) yang tidak terlalu dibutuhkan
    Karakter penting yang ada tombolnya dalam Arabic (101) yang tidak terlalu dibutuhkan
  10. Untuk mengganti karakter لإ menjadi ٰ (keduanya dalam mode SHIFT), copy karakter tersebut dari catatan yang dibuat sebelumnya lalu kembali ke MSKLC 1.4 dan klik tombol dengan karakter لإ lalu paste karakter ٰ yang telah di-copy.
  11. Untuk mengganti karakter menjadi ۡ (keduanya dalam mode SHIFT), copy karakter tersebut dari catatan yang dibuat sebelumnya lalu kembali ke MSKLC 1.4 dan klik tombol dengan karakter lalu paste karakter ۡ yang telah di-copy.
  12. Atur properti keyboard layout melalui Project -> Properties….
  13. Simpan hasil modifikasi melalui File -> Save Source File. Hasilnya adalah file berekstensi ".klc". Pergunakan file ini bila ingin memodifikasi ulang kelak.
  14. Bentuk file paket installer melalui Project -> Build DLL and Setup Package dan tunggu hingga selesai. Bila muncul pesan error abaikan saja.
  15. Hasil dari langkah nomor 10 berupa satu folder dengan nama sesuai nama yang diberikan pada langkah nomor 8.
  16. Untuk menginstall keyboard layout hasil modifikasi, jalankan file setup.exe di dalam folder hasil langkah nomor 11.
  17. Atur shortcut keyboard language bar agar keyboard layout hasil modifikasi memiliki shortcut keyboard tersendiri (lihat langkahnya di sini).
Demikian, sangat mudah tentunya. Silahkan mencoba dan berkreasi membuat keyboard layout sesuai kebutuhan Anda.
Cara ini adalah yang penyusun pergunakan selama ini. Baca juga tutorial-tutorial sebelumnya dalam kategori Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer dan tulisan-tulisan lainnya di Catatan Belajarku (lihat Site Map).
Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan Saudara.