Lima Guru MTs Falahiyah Ikuti Bimtek Kurikulum Merdeka di Tuban

Tuban - Lima guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Falahiyah Tanjungrejo Singgahan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Inovatif Kurikulum Merdeka di Hotel Front One King Tuban, pada 16-18 Januari 2024. Kegiatan ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Drs. Moh. Qosim, dan dihadiri oleh Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Ibu Umi Kulsum, S. Ag. M.Pd.I.


Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru madrasah tentang konsep, struktur, dan implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada guru untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.


Salah satu materi yang disampaikan dalam Bimtek ini adalah pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), yang merupakan dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun oleh satuan pendidikan madrasah sesuai dengan karakteristik, visi, misi, dan tujuannya³. Selain itu, materi lain yang dibahas adalah pembelajaran berbasis proyek, penggunaan teknologi, penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta asesmen atau penilaian.


Kepala MTs Falahiyah, Wijiyanto, S.Pd, mengapresiasi kegiatan Bimtek ini. Ia berharap para guru yang mengikuti Bimtek ini dapat menerapkan Kurikulum Merdeka di madrasahnya dengan baik. "Kami berterima kasih kepada Kemenag Tuban yang telah menyelenggarakan Bimtek ini. Kami berharap para guru kami dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan inovatif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik kami," ujarnya. (Ajibs)