MTs Falahiyah Sukses Melaksanakan Asesmen Bakat Minat


MTs Falahiyah, salah satu madrasah di Singgahan, Jawa Timur, berhasil melaksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM) tahun 2024 pada tanggal 20-21 Februari. ABM adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi dan minat siswa kelas 9 dalam memilih bidang keahlian yang sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka.

ABM diselenggarakan oleh Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbud (Pusmendikbud), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek dalam rangka pelaksanaan pelayanan asesmen Pendidikan. ABM dilaksanakan secara online berbasis komputer (CBT) di laboratorium komputer MTs Falahiyah. Setiap siswa mendapatkan waktu 180 menit untuk mengerjakan 140 soal yang terdiri dari 16 subtes, yaitu: verbal, numerik, spasial, dan penalaran.

Kepala MTs Falahiyah, Wijiyanto, S.Pd, mengatakan bahwa ABM merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa, karena dapat membantu mereka menentukan pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. "Dengan adanya ABM, siswa dapat mengetahui bakat dan minat mereka secara objektif dan ilmiah. Hal ini tentu akan memudahkan mereka dalam memilih jurusan atau sekolah yang sesuai dengan potensi mereka," ujar Bapak Wijiyanto.

Siswa-siswa MTs Falahiyah yang mengikuti ABM mengaku senang dan antusias dengan tes tersebut. Mereka mengaku mendapatkan pengalaman baru dan menarik dalam mengerjakan soal-soal yang menantang dan variatif. Mereka juga berharap bahwa hasil ABM dapat sesuai dengan harapan dan cita-cita mereka. "Saya senang bisa mengikuti ABM, karena saya bisa tahu apa yang saya minati dan bisa. Saya berharap saya bisa masuk ke SMA favorit saya nanti," kata Alya, salah satu siswi MTs Falahiyah.