Asesmen Madrasah MI dan MTs Falahiyah 2023

Asesmen Madrasah (AM) adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan¹. Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal². Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan².
Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyusun dan menetapkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya¹. Dalam SOP tersebut, telah ditetapkan regulasi terkait pelaksanaan Asesmen Madrasah mulai dari persyaratan peserta Asesmen hingga panduan pembuatan soal Asesmen Madrasah².

Salah satu madrasah yang telah melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) sesuai dengan SOP tersebut adalah MTs Falahiyah dan MI. Falahiyah Tanjungrejo singgahan Tuban. Kedua madrasah ini telah melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) pada tanggal 8-13 Mei 2023 dengan menggunakan sistem berbeda. MTs Falahiyah melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) dengan **offline** menggunakan kertas dan pensil, sedangkan MI. Falahiyah melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) dengan **online** menggunakan sistem berbasis android³. Sistem ini memungkinkan peserta didik untuk mengerjakan soal Asesmen Madrasah (AM) melalui aplikasi yang telah diunduh sebelumnya ke dalam perangkat android masing-masing. Sistem ini juga memudahkan pengawas dan panitia Asesmen Madrasah (AM) untuk memantau dan mengelola proses Asesmen Madrasah (AM) secara online.

Pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) berbasis android di MI. Falahiyah Tanjungrejo singgahan Tuban mendapat apresiasi dari Ketua Yayasan Miftahul Falah Bapak K. Abdul Qodir, Beliau mengatakan bahwa sistem ini merupakan inovasi yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi Asesmen Madrasah (AM) serta mengurangi potensi kecurangan³. Beliau juga berharap bahwa sistem ini dapat diadopsi oleh madrasah-madrasah lain di Kabupaten Tuban maupun di daerah lain.