MTs Falahiyah Ikuti Bimtek EDM ERKAM 2023 di Tuban

MTs Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (ERKAM) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Tuban di Hotel Charis Tuban pada tanggal 1 - 2 Juni 2023.

Bimtek EDM ERKAM merupakan salah satu program dari Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan madrasah di era digital. Melalui Bimtek ini, para peserta diharapkan dapat memahami dan menerapkan sistem EDM dan ERKAM yang berbasis online dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

Peserta Bimtek EDM ERKAM dari MTs Falahiyah terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara, dan Operator. Mereka mendapatkan materi dan pembimbingan dari para narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Kepala Subbagian Program dan Keuangan Kemenag Tuban, dan Tim Pengembang EDM ERKAM dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah (P4TKM).

Selama dua hari, peserta Bimtek EDM ERKAM dari MTs Falahiyah belajar tentang konsep, manfaat, dan langkah-langkah pelaksanaan EDM dan ERKAM. Mereka juga melakukan praktik langsung menggunakan aplikasi EDM dan ERKAM yang telah disediakan oleh Kementerian Agama. Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan para narasumber dan peserta lainnya.

Kepala MTs Falahiyah, Wijiyanto, S.Pd, mengatakan bahwa Bimtek EDM ERKAM sangat bermanfaat bagi madrasahnya. Ia berharap bahwa dengan mengikuti Bimtek ini, madrasahnya dapat meningkatkan kinerja dan kualitas dalam pengelolaan pendidikan madrasah.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Agama yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti Bimtek EDM ERKAM ini. Kami merasa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang berguna bagi kami. Kami berharap bahwa dengan mengimplementasikan EDM dan ERKAM ini, kami dapat memperbaiki dan memperkuat sistem pengelolaan madrasah kami, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada siswa, orang tua, dan masyarakat," ujar Wijiyanto.