Kegiatan Pondok Romadhon 2023 di MTs Falahiyah Tanjungrejo Singgahan


Pondok Romadhon adalah salah satu program unggulan MTs Falahiyah Tanjungrejo Singgahan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan ilmu agama siswa-siswi selama bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dengan berbagai macam kegiatan yang menarik dan bermanfaat, seperti ngaji kitab kuning, shalat tarawih berjamaah, tadarus Al-Quran, kajian islami, bakti sosial, dan lain-lain.

Salah satu kegiatan yang menjadi ciri khas Pondok Romadhon adalah ngaji kitab kuning, yaitu pembelajaran kitab-kitab klasik yang berisi penjelasan tentang berbagai aspek keislaman, seperti akidah, fiqih, tasawuf, hadits, tafsir, dan sejarah. Ngaji kitab kuning dilakukan setiap hari dari pukul 07.00 sampai 10.00 dengan pengajar yang kompeten dan berpengalaman, yaitu K. Hamim, K. Abdul Qodir, dan K. Djuwahir. Siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat mereka. Mereka belajar dengan menggunakan kitab-kitab seperti **Fathul Qorib**, **Safinatun Najah**, **Riyadhus Shalihin**, **Ihya Ulumuddin**, **Bidayatul Hidayah**, **Bulughul Maram**, **Tafsir Jalalain**, dan **Tarikh Khulafa**.

Selain ngaji kitab kuning, kegiatan Pondok Romadhon juga diisi dengan berbagai aktivitas yang menambah semangat dan kebersamaan siswa-siswi, seperti ziarah kubur, khataman Al-Quran, buka bersama, dan lain-lain.