KKM Tuban Selatan Gelar Pelatihan Proktor dan Teknisi UNBK di MTs. Islamiyah Banin Senori

Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat MTS sederajat bulan April mendatang, membuat setiap sekolah peserta berbenah menyiapkan kesiapan siswanya.
Terutama bagi sekolah yang ditunjuk sebagai penyelengara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dengan mulai mengirimkan perwakilan sebagai teknisi dan proktor UNBK.
Apalagi dengan bertambahnya jumlah sekolah penyelenggara membuat KKM TUBAN SELATAN menggelar acara pelatihan proktor dan teknisi UNBK.
Salah satunya yang dilakukan di Lab. Mts. Islamiyah Banin Senori, Ahad (4/2/2018).
Lebih kurang puluhan perwakilan sekolah  baik guru dan staf yang masing-masing ditunjuk sebagai Proktor dan teknisi UNBK di sekolahnya.
Tahun ini, insyaAllah seluruh Anggota KKM TUBAN SELATAN akan melaksanakan Ujian Berbasis Komputer dengan jumlah 26 Lembaga.
Ketika pelaksanaan pelatihan berlangsung mendapati setiap peserta pelatihan masih ada rasa kebingungan, terutama bagi beberapa perwakilan sekolah yang baru pertama kali ikut UNBK atau Belum mengikuti Simulasi pertama.
Walaupun demikian, rasa bingung ini hal yang wajar, sebab dengan sigap para insturktur dari KKM TUSEL langsung memberikan bantuan.
Menurut Operator KKM TUSEL, Huda, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan pelatihan ini, para proktor dan teknisi diberikan pemahaman akan penggunan aplikasi UNBK. Cara install VHD dan cara mengatasi kalo ada masalah masalah yang tak terduga.
Selain itu juga mereka juga mengajarakan bagaimana sinkroniasi antara server dan client.
Sedangkan menurut Bapak Kholilurrohman Cludhori (Ketua KKM TUSEL) mengatakan, bahwa pelatihan seperti ini baru satu-satunya dilaksanakan oleh kkm diwilayah Tuban, dan Kita (KKM TUSEL yang pertama kali mengadakan, semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa semakin memperlancar Kesiapan Lembaga MTs yang tergabung dengan KKM Tusel (*)
Laporan : ajib